Jumat, 06 Januari 2017

Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Pengidap Diabetes

kesehatan gigi

Bagi anda yang mengidap diabetes, sebaiknya dari sekarang anda lebih memperhatikan kesehatan gigi anda, karena kesehatan gigi sangat penting bagi pengidap diabetes, seperti yang mortgegarate1234.com kutip dari liputan6 berikut.
Orang dengan diabetes atau diabetesi harus lebih ekstra merawat kesehatan gigi. Tingginya kadar gula pengidap diabetes dapat menyebabkan gangguan kesehatan organ-organ di tubuh, termasuk rongga mulut.

Dokter gigi sekaligus Redaksi Medis Kedokteran Gigi dari situs Klik Dokter, Arni Maharani, mengingatkan, setidaknya ada delapan kelainan dan gangguan di dalam rongga mulut orang dengan diabetesi. Infeksi jamur, gigi berlubang, mulut kering, gangguan pengecapan, gangguan penyembuhan luka dalam mulut, radang gusi dan radang jaringan pendukung gigi, tumbuhnya gigi pada anak pengidap diabetes akan terjadi lebih awal, dan gigi goyang.

Namun, kelainan di dalam rongga mulut yang paling sering ditemukan pada pengidap diabetes adalah penyakit radang pendukung gigi, yaitu gusi dan tulang alveolar.

"Infeksi jaringan pendukung gigi yang cukup parah bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga penyakit diabetes semakin sulit terkontrol," tulis Arni dikutip Health Liputan6.com pada Jumat (6/1/2017)

Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dari pengidap diabetes untuk menjaga kadar gula darah senormal mungkin. Caranya, ikuti saran dari dokter mengenai diet apa saja yang harus pasien lakukan dan obat-obatan yang perlu diminum.

Dan jangan lupa untuk rutin melakukan kontrol ke dokter gigi supaya kondisi rongga mulut termonito dengan baik. Jangan sungkan untuk memberitahu dokter gigi bahwa Anda mengalami diabetes dan juga mengenai kondisi diabetes tersebut.

Karena pengidap diabetes tetap harus menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi yang lembut dan sikat secara perlahan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghindari luka pada gusi ketika menyikat gigi.

0 komentar:

Posting Komentar