Sabtu, 17 Juni 2017

Hal menarik untuk menyejukkan rumah saat cuaca terik

Cara Menyejukkan Rumah

Untuk Anda yang berdomisili di Bandung, yang kini menjadi tempat pelarian orang-orang Ibukota dari segala rutinitas yang padat dan hiruk pikuk metropolitan, perlahan eksistensi kesejukan di dalamnya semakin tergerus jaman. Penduduk Bandung yang dulunya sejuk secara alami, kini telah banyak yang memasang pendingin ruangan untuk sekadar menambah rasa sejuk di rumah.
Dengan kondisi suhu yang kian memanas, untuk beberapa orang, AC adalah salah satu aspek terpenting dalam rumah. Namun terkadang, karena perawatan yang kurang telaten atau pemakaian yang tidak sewajarnya, AC Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, baiknya Anda menyerahkan urusan pendingin ruangan Anda pada berbagai penyedia jasa service AC Bandung.
Selain dengan memastikan AC di rumah Anda selalu dalam performa terbaik, ada banyak hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah Anda terasa sejuk, dan kabar baiknya, Anda tidak harus selalu menghabiskan banyak uang untuk melakukan hal-hal ini. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menaklukan panasnya udara siang hari.
1.    Blok sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah
Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan, tapi bagaimana dengan sinar matahari di atas pukul 12 siang? Bukannya membawa hal baik, Anda mungkin akan lebih merasakan keburukan dengan membiarkan ruangan Anda terekspos sinar matahari siang yang terik dan menyengat.

Tutup saja semua tirai yang terpasang di rumah Anda pada jam-jam di mana matahari sedang bersinar terik-teriknya, namun jangan tutup jendela Anda. Biarkan jendela Anda terbuka agar udara dapat masuk dan sirkulasi udara berjalan lancar.

2.    Membuat sendiri pendingin ruangan sederhana
Hal yang satu ini dapat Anda gunakan jika Anda tidak memiliki bujet yang cukup untuk membeli AC. Ada beberapa cara untuk membuat sendiri sebuah pendingin udara sederhana. Yang termudah adalah dengan menggunakan ember, pipa, satu jerigen air dan kipas kecil yang disusun sedemikian rupa, Anda sudah berhasil membuat pendingin ruangan sederhana yang dapat berguna untuk menyejukkan rumah Anda di tengah panasnya udara luar.

3.    Menggantung handuk basah di jendela terbuka
Sebuah trik kuno yang ternyata berguna untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah adalah dengan menggantung handuk basah di jendela yang terbuka. Udara yang masuk ke dalam rumah akan mendingin karena kelembaban handuk yang tergantung dan dapat menurunkan temperature dalam rumah beberapa derajat.

Tidak hanya handuk, Anda dapat juga menggunakan berbagai bahan lain yang dibasahi. Trik ini juga berguna untuk mengeringkan handuk yang habis dipakai jadi Anda tidak perlu mengeringkannya di dryer atau menggantungnya di luar rumah.

4.    Jangan terlalu banyak menggunakan peralatan elektronik
Semua perangkat elektronik yang terpakai pasti menimbulkan panas, dan jika Anda menggunakan terlalu banyak peralatan elektronik dalam rumah dalam keadaan yang sedang terik, hal ini hanya akan membuat temperature di rumah Anda semakin meninggi.

Sebisa mungkin hanya gunakan peralatan yang dibutuhkan. Anda juga dapat mensiasati untuk menggunakan banyak peralatan elektronik hanya pada jam-jam di mana suhu rumah sedikit mendingin, seperti pukul 5-6 saat pagi dan sore.

5.    Kombinasikan penggunaan kipas angin dengan AC
Dengan menggunakan kipas angin dan AC dengan berbarengan, Anda akan merasakan rumah yang jauh lebih dingin dibanding dengan menggunakan kipas saja, atau AC saja.

Jika Anda mengkhawatirkan energi listrik yang terpakai akan terlalu besar, Anda mungkin bisa sedikit bernafas lega karena secara teknis, penggunaan kipas angin yang membantu aliran sirkulasi udara dapat membantu AC dalam mengerjakan pekerjaannya untuk mendinginkan hunian Anda sehingga penggunaan watt AC tidak akan terlalu besar.

6.    Kondisikan AC berada di tempat yang teduh
Sebisa mungkin tempatkan bodi AC di tempat yang teduh dan terlindung dari cahaya matahari yang terik. Semakin teduh Anda tempatkan AC Anda, akan semakin baik dan semakin awet AC Anda bekerja dalam mendinginkan rumah Anda.
Demikianlah enam hal menarik yang dapat Anda lakukan untuk menyejukkan suasana di dalam rumah Anda di tengah cuaca terik.

0 komentar:

Posting Komentar