Senin, 19 Juni 2017

Trik Membuat Kopi Di Rumah Mirip Di Kafe

Trik Membuat Kopi Di Rumah Enak Seperti di Cafe

Mungkin sebagian besar dari anda merasa jika kopi yang dibuat di kafe lebih enak dari kopi anda di Rumah. Sebab, barista mengerti betul bagaimana cara menyeduh kopi. Tidak hanya menggunakan alat yang tepat, tetapi juga kemampuan yang mumpuni.

Meski demikian, Anda juga dapat membuat kopi enak di rumah meskipun tanpa mesin kopi. Bahkan Anda dapat menggunakan alat-alat sederhana, mungkin dengan saringan kopi lebih baik.

Seorang barista yang juga pemenang dari Indonesian Brewers Cup Champion 2016 Ryan Wibawa menjelaskan bagaimana prinsip membuat kopi enak. Kuncinya adalah dari biji kopi yang digunakan.

"Sebaiknya jika ingin menyimpan kopi, simpan lah dalam bentuk biji. Ini akan membuat flavor-nya tetap terjaga," kata Ryan kepada Liputan6.com, Rabu (17/5/2017).

Ketika akan dipakai, barulah biji kopi digiling. Jika ingin proses penyeduhan lebih lama, misalnya mencapai 2 menit, maka proses penggilingan tidak perlu lama-lama supaya bubuk kopi lebih kasar. Ini akan membuat rasa kopi tidak terlalu pahit dan terekstrak dengan sempurna.

Namun, untuk penyeduhan di rumah rata-rata relatif cepat sehingga penggilingan kopi dapat dilakukan lebih lama. Kemudian, untuk menjaga rasa orisinil dari kopi, sebaiknya air yang digunakan untuk menyeduh bukan lah air mendidih.

"Kesalahan banyak orang adalah menyeduh kopi dengan air mendidih. Padahal suhu optimal air adalah 90-96 derajat Celcius," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar