Jumat, 05 Oktober 2018

Bagaimana Jika Tespek Positif Berubah Menjadi Samar?


Tespek positif biasanya akan menunjukkan 2 buah garis yang jelas namun terkadang setelah beberapa waktu ditinggalkan garis tersebut akan berubah menjadi samar-samar. Lantas bagaimanakah hasilnya? Apakah seorang ibu tetap positif hamil atau tidak? 

Agar Anda tidak salah paham maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang tespek. Alat ini sebenarnya hanya dijadikan sebagai pemeriksaan penunjang. Setelah melakukan pemeriksaan dengan tespek maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk berkonsultasi. Hal ini dikarenakan garis 2 pada tespek belum tentu mengindikasikan bahwa seseorang itu hamil, bisa saja justru mengalami kondisi yang lain.  

Tespek
 

Penyebab Tespek Positif Belum Tentu Hamil


Sebenarnya secara umum tespek memiliki keakuratan yang cukup bisa dipercaya namun terkadang ada juga kejadian dimana hal itu malah salah. Misal saja tespek menunjukkan hasil positif namun ternyata ketika diperiksakan ke dokter hasilnya negatif.

Begitupun juga dengan sebaliknya misal tesepek menunjukkan hasil negatif dan setelah dicek oleh dokter justru hasilnya adalah positif hamil. Lantas apa saja sih faktor yang mempengaruhi keakuratan tespek ? Simaklah ulasannya di bawah ini:

1.    Kadaluwarsa

Meskipun bukan merupakan benda konsumsi namun ternyata tespek juga memiliki tanggal kadaluwarsanya. Jika hal ini terjadi maka kandungan bahan kimia di dalamnya tidak akan lagi bisa bekerja secara baik untuk bisa menguji urine. Oleh karena itu hasil yang diperoleh bisa saja berbeda jika diperiksakan ke dokter kandungan. Selain itu panas dan kelembapan udara bisa juga merusak keadaan tespek.

Inilah mengapa sebaiknya sebelum melakukan pengujian kehamilan menggunakan tespek maka sebaiknya membeli yang baru. Tidak perlu menyetok alat ini dalam jumlah yang banyak dan menyimpannya di rumah. Hal inilah yang memungkinkan tespek mengalami kadaluwarsa dan tidak akurat lagi.

2.    Terpengaruh obat 
Hasil pada Tespek positif atau negatif bisa juga dipengaruhi oleh obat-obatan, apalagi jika mengkonsumsi obat kesuburan. Kandungan hormon HCG-nya mampu dideteksi pada air kencing atau darah seseorang bahkan hal itu bisa dideteksi sebelum mengalami masa tidak menstruasi.

3.    Kehamilan kimia

Kehamilan kimia adalah dimana sperma yang bertemu dengan sel telur namun tidak bisa ditanamkan ke dalam rahim. Jadi dalam kondisi ini hasil tespek akan positif karena memang biasanya terjadi pada usia kehamilan dibawah 5 minggu. Namun setelah memasuki usia yang lebih tinggi si ibu justru akan mengalami pendarahan akibat terjadinya keguguran dini.

4.    Kehamilan ektopik

Kehamilan ini apabila diuji dengan menggunakan tespek maka akan menunjukkan hasil yang positif. Namun sayangnya kehamilan ini terjadi tidak berada di tempat yang tepat. Umumnya janin tumbuh di saluran tuba, dan hal itu tentu tidak baik jika dilanjutkan.

Sebaiknya jika mendapatkan hasil tespek positif namun mengalami sakit perut, pendarahan, atau badan menjadi tidak fit maka segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

5.    Meninggalkan tespek sebelum melihat
Nah biasanya tespek yang memberikan hasil positif namun ditinggalkan akan berubah menjadi samar-samar. Hal ini terjadi karena urine akan mengalami penguapan sehingga garisnya akan menjadi terlihat samar. Jadi sebaiknya baca hasil tes kehamilan dalam jangka waktu 10 menit.

Demikian tadi beberapa hal yang menyebabkan tespek positif bisa menjadi samar-samar. Langkah terbaik yang harus dilakukan untuk mengecek kebenaran kehamilan adalah memeriksakannya ke dokter kandungan. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang mungkin terjadi dan tidak diinginkan. Sekali lagi, tespek hanyalah alat, sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Untuk itu memeriksakan ke dokter juga menjadi keharusan.

0 komentar:

Posting Komentar