Kamis, 21 Februari 2019

Sparepart Motor : Perhatikan 5 Hal Ini saat Akan Mengganti Ban Motor

Sparepart motor harus diperiksa kondisinya secara berkala demi menjaga performa sepeda motor. Anda juga akan lebih nyaman berkendara kalau motor yang Anda pakai memiliki performa yang baik, bukan? Karena itulah penting sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin atau servis secara teratur demi menjaga performa sepeda motor Anda. 

Spare Part
 
Ketika melakukan pemeriksaan rutin, maka setiap spare part akan diperiksa kondisinya. Salah satu bagian motor yang akan diperiksa dan dipastikan kondisinya adalah ban. Jika ban sudah melewati masa usia pakai dan sudah menunjukkan tanda-tanda aus, maka ban sudah waktunya untuk diganti karena kalau tidak bisa menimbulkan bahaya bagi pengendara.
 
Ban yang sudah aus dan tetap dipakai bisa membuat pengendara merasa tidak nyaman. Selain itu, pengendara juga bisa terjatuh kalau ban motor yang dipakai sudah tidak layak. Oleh karena itu, jika ban motor Anda sudah waktunya diganti maka jangan menunda lagi. Pastikan untuk segera mengganti ban agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Mengganti Ban Motor
Penggantian ban motor sebaiknya dilakukan di tempat yang tepat. Datang langsung ke bengkel yang terpercaya jika sudah waktunya untuk mengganti ban motor Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati saat akan mengganti sparepart motor salah satunya saat akan mengganti ban motor. 
 
Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat Anda akan mengganti ban motor yang sudah aus? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengganti ban motor :
 
1. Jenis Ban yang Tepat
Saat akan mengganti ban motor, maka pilihlah jenis ban yang tepat untuk Anda gunakan. Perhatikan tipe ban seperti apa yang akan digunakan. Pastikan bahwa ban yang Anda pakai sesuai dengan jenis motor Anda. Sebaiknya cari tahu dulu tipe ban seperti apa yang paling sesuai untuk dipasangkan dengan motor Anda.
 
2. Ukuran Ban yang Tepat
Perhatikan ukuran ban yang akan dipasangkan di motor Anda. Jika ukuran ban terlalu besar atau terlalu kecil maka tidak akan baik. Sebaiknya, pilih ban dengan ukuran yang sesuai sehingga akan membuat Anda tetap aman saat berkendara. 
 
3. Tempat Mengganti Ban
Pilih tempat mengganti ban yang tepat. Jika Anda tidak punya pengalaman mengganti ban sendiri, maka serahkan penggantian ban pada orang yang berpengalaman. Lakukan penggantian ban di bengkel yang terpercaya. Proses pemasangan ban harus dilakukan dengan tepat agar ban bisa terpasang baik dan aman saat digunakan berkendara.
 
4. Masa Pakai Ban Baru
Ketika membeli ban baru untuk dipasang, perhatikan dulu masa pakai ban baru Anda. Biasanya ada kode pada ban dan kode tersebut menunjukkan kode produksi. Anda bisa tahu masa pakai ban dan memastikan bahwa ban masih layak untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan sampai membeli ban yang ternyata sudah kedaluwarsa.
 
5. Motif Alur Ban
Pilih ban dengan motif alur yang tepat. Walaupun terlihat sederhana, namun motif alur pada ban ternyata sangat penting dan berpengaruh pada kenyamanan Anda saat berkendara. Motif alur pada ban berpengaruh pada kemampuan ban untuk membuang air sehingga ban bisa berjalan dengan stabil saat melewati jalanan yang basah.
 
Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan mengganti ban motor. Setelah melakukan penggantian ban motor, jangan lupa lakukan pemeriksaan sparepart motor secara rutin. Hal ini penting dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan Anda di jalan raya.

0 komentar:

Posting Komentar