Senin, 18 Maret 2019

Perhatikan Ini Ketika Membeli Kabel Konverter

Konverter adalah sebuah kabel yang berfungsi menghubungkan input dan output pada port yang berbeda. Salah satu jenisnya adalah kabel HDMI to VGA. Jika Anda adalah pemilik monitor VGA yang merasa enggan mengganti monitornya dengan yang lebih baru, memilih kabel konverter HDMI to VGA sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. 

Konverter


 Di jaman sekarang dengan teknologi yang sudah sangat canggih, beberapa orang masih tetap sayang dengan monitor VGA mereka. Padahal sudah banyak dijual monitor-monitor canggih yang mendukung 4K. Tapi selama monitor lama masih bisa digunakan, kenapa harus ganti? Yang penting prosesornya selalu upgrade mengikuti perkembangan zaman.

Karena itulah, masih banyak orang yang membutuhkan kabel HDMI to VGA untuk mengubah sinyal digital menjadi analog maupun sebaliknya. Pilihan kabel konverter HDMI to VGA yang banyak membuat Anda bingung memutuskan pilihan yang mana. Sayang, kan, kalau barang yang sudah Anda beli ternyata tidak dapat digunakan. walaupun harganya tidak terlalu mahal, tapi kan jadi tidak berguna.

Apalagi jika Anda membelinya melalui situs belanja online. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memilihnya dengan cermat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pilih Kabel Tipe Aktif
Pertama, Anda harus mengecek terlebih dulu apakah konverter tersebut mempunyai tipe aktif atau pasif. Kabel tipe pasif tidak dilengkapi sirkuit elektronik di dalam kabel. Sirkuit ini berfungsi mengubah sinyal HDMI menjadi sinyal VGA atau sebaliknya. Karena kabel tipe ini tidak dilengkapi dengan sirkuit tersebut, maka kabel ini tidak bisa mengkonversi sinyal HDMI ke VGA atau sebaliknya.

Kebalikan dari kabel tipe pasif, kabel tipe aktif sudah dilengkapi chip tambahan untuk mengubah sinyal HDMI menjadi sinyal VGA dan sebaliknya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk lebih memilih kabel tipe aktif.

Sebenarnya, Anda juga bisa menggunakan kabel tipe pasif untuk mengkonversi jika sumber sinyal video Anda sudah mendukung display port mode ganda atau yang biasa disebut dengan DP++. Apabila display port Anda terdapat simbol DP++, Anda bisa menggunakan kabel tipe pasif yang harganya lebih murah ini.

Namun, kalau Anda belum yakin apakah display port udah mendukung DP++ atau belum, lebih baik Anda menggunakan kabel tipe aktif. Dengan menggunakan kabel tipe aktif ini, Anda tidak akan merasa dirugikan apabila nantinya diketahui display port Anda belum mendukung DP++. Hal ini dikarenakan kabel tipe ini tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

Keuntungan Lain
Keuntungan lain yang didapat ketika menggunakan kabel tipe aktif adalah Anda dapat menggunakan beberapa monitor sekaligus dengan satu komputer yang sama. Kemampuan ini tidak bisa dilakukan secara maksimum jika Anda menggunakan DP++.

Jadi itu sedikit tips untuk Anda yang sedang ingin membeli konverter HDMI to VGA yang bagus. Sekarang Anda sudah mampu membedakan konverter kabel tipe aktif dan pasif. Jangan sampai Anda salah membeli kabel. Walaupun harga kabel tipe pasif lebih murah daripada kabel tipe aktif, namun semua itu sesuai dengan keuntungan yang didapat dengan membeli kabel tipe aktif.

Untuk Anda yang bingung dimana bisa mendapatkan kabel konverter HDMI to VGA yang bagus, Anda bisa membelinya melalui toko online terpercaya. Ada berbagai macam jenis konverter dengan berbagai macam merk dan harga. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Pastikan cermat dan teliti saat memilihnya ya!

0 komentar:

Posting Komentar