Jumat, 06 September 2019

Sebelum Melakukan Modifikasi Pada Mobil Tahukah Anda, Ketahui Deretan Aksesoris Mobil yang Dilarang

modifikasi pada mobil

Jumlah mobil sekarang ini memang sudah tidak terhitung lagi, bahkan para produsen semakin gencar mengeluarkan berbagai varian mobil baru yang memikat banyak masyarakat secara luas. Sejalan dengan hal tersebut, semakin banyak pula para penjual aksesoris mobil yang kian menjamur diberbagai tempat baik secara online maupun secara offline. Apalagi para pemilik mobil di Indonesia ingin membuat penampilan kendaraannya berbeda, secara otomatis memberikan berbagai aksesoris tambahan itu sudah menjadi hal yang cukup wajar dan sah saja.

Karena hobi yang tinggi terhadap keunikan pada kendaraan, sehingga banyak sekali tambahan pernak-pernik yang digunakan untuk modifikasi pada mobil. Dari hal tersebut tidak sedikit orang yang paham seperti apa manfaat dan dampaknya secara nyata. Karena tanpa disadari ada banyak sekali aksesoris yang ternyata mempunyai resiko besar ketika digunakan. Penasaran apa saja item tersebut? Berikut ini ada beberapa deretan perlengkapan mobil yang sebenarnya dilarang yaitu:

1. Lingkar Stir Mobil
Banyak dari mereka yang biasanya menggunakan beragam aksesoris pembungkus untuk bagian stir. Tujuannya sama untuk memberikan kesan berbeda dan memperindah tampilannya. Tetapi rata-rata lingkar tersebut tidak asli, jika itu dilakukan tentu akan memberikan imbas pada stir yang longgar dan justru membahayakan saat hilang kendali.

2. Karpet Lantai Selain OEM
Untuk menjaga kebersihan dari kabin umumnya pemilik mobil menambahkan karpet pada bagian lantai. Tetapi terkadang yang menjadi salah, pemilik membeli aksesoris mobil yang satu ini bukan original. Pasalnya untuk yang palsu tidak dibuat berdasarkan perhitungan yang matang, bahkan tidak menempel gas dan rem. Hal ini sering sekali membuat mobil hilang kontrol, sebab bisa saja karpet menekan pedal atau gas saat terangkat keatas.

3. Lampu Berwarna
Mungkin Anda tidak sedikit melihat mobil dengan warna lampu yang berbeda dengan lainnya, umumnya kuning ataupun yang lain. Banyak yang mengatakan jika menggunakan kuning akan memberikan pandangan kedepan lebih terang. Namun pada dasarnya justru memberikan bahaya saat visibilitas pengguna lain melalui sinar yang dihasilkan.

4. Meletakkan Benda di Dashboard
Sering sekali kita melihat pada bagian dashboard ini sang pemilik mobil meletakkan berbagai barang-barang kesukaan mereka. Tanpa disadari hal tersebut bisa menghalangi pandangan dari pada pengemudi bagian depan. Parahnya saat pengereman secara mendadak benda tersebut bisa terjatuh dan mempengaruhi dari perhatian pengemudi maupun penumpang.

5. Meletakkan Benda di Spion
Selain pada dashboard maka biasanya sang pemilik mobil juga meletakkan biasanya aksesoris-aksesoris berupa gantungan yang diletakkan di bagian kaca spion mereka. Tentu saja hal ini juga sama akan menghalangi pandangan dan juga ada kemungkinan benda tersebut jatuh sehingga mempengaruhi pandangan atau perhatian dari sang supir dan penumpang.

Selain beberapa yang telah disebutkan diatas, Anda perlu paham juga masih ada banyak sekali item perangkat mobil yang memberikan efek buruk. Pada dasarnya menggunakan beberapa aksesoris mobil untuk mempercantik itu merupakan sah saja. Tetapi Anda sebagai pemilik harus lebih paham juga seperti apa manfaat dan seperti apa juga resiko dari penggunaan. Jangan sampai keinginan mempercantik justru memberikan efek buruk.

0 komentar:

Posting Komentar